laman

Jumat, 04 November 2016

Akhlakul Karimah

Akhlakul Karimah
            Assalamu’alaikum Wr.Wb.
            Wahai sahabat, tahukah kalian bahwa wanita muslimah sejati pasti memiliki akhlak yang mulia. Akhlak mulia tersebut meliputi selalu bertaqwa kepada Allah, suka membantu sesama, berbicara dengan lemah lembut, berbakti kepada kedua orang tua, senatiasa beramal saleh, memiliki sikap toleransi, ramah, dan masih banyak lagi.
            Bagaimana dengan kita? Apakah kita sudah memiliki kriteria-kriteria tersebut? Sebagai seorang manusia, pastilah kita memiliki keterbatasan. Namun, kita masih bisa untuk berusaha  menjadi muslimah yang berakhlak mulia. Bagaimanakah caranya? Di bawah ini, mari kita peajari bersama-sama cara menjadi wanita yang berakhlak mulia.
            Cara-cara yang dapat dilakukan untuk menjadi muslimah yang berakhlak mulia, yaitu :
v  Memahami kewajiban kita sebagai seorang muslimah
Kita sebagai seorang muslimah, memiliki kewajiban untuk menjalankan semua perintah Allah, dan meninggalkan semua larangan-Nya. Perintah Allah yang sering dilalaikan oleh seorang muslimah yaitu menutup aurat. Sebagian besar wanita muslimah yang ada disekitar kita mengumbar aurtanya tanpa malu. Walaupun mereka sudah mengetahui bahwa menutup aurat adalah kewajiban, sebagaimana yang telah tercantum dalam Q.S Al-Ahzab/33:59, tetapi mereka masih saja mengumbar auratnya tanpa rasa berdosa. Na’udzubillah.
v  Berusaha memperbaiki diri menjadi yang lebih baik
Kita harus menghilangkan sikap jelek yang kita miliki. Misalnya saja sikap lalai dalam solat. Solat merupakan kewajiban. Terkadang kita lalai dalam melaksanakannya. Lalai disini, bisa berupa lupa tidak mengerjakan solat, meninggalkan solat dengan sengaja ataupun menunda-nunda waktu solat. Agar kita tidak lalai, ingatlah bahwa setiap solat yang kita tinggalkan memiliki ukuran dosanya masing-masing. Misalnya saja ketika kita meninggalkan solat dzuhur, maka kita dianggap seperti sudah membunuh 1000 jiwa umat muslim di dunia. Subhanallah, maka dari itu mari perbaiki diri kita agar menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.
v  Memperbanyak amal saleh
Selanjutnya yaitu dengan memperbanyak amal saleh. Contohnya dengan memperbanyak dzikir, bersedekah, mempelajari Al-Quran dan mengamalkannya, dan juga berbakti kepada kedua orang tua. Memberikan pertolongan kepada sesama juga termasuk amal saleh, maka dari itu mulailah memberikan pertolongan kepada orang-orang terdekat kita. Dengan demikian, kita akan terbiasa menebar kebaikan yang inshaa Allah akan mendapatkan balasan yang pahala yang besar dari Allah. Aamiin..
            Nah, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadikan kita muslimah yang memiliki akhlak mulia. Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, terimakasih telah menyempatkan waktu untuk membacanya.

            Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
ROHIS SMA NEGERI AJIBARANG - Blogger Templates, Wordpress Templates Free - by Templates para novo blogger HD TV Watch Entourage Online. Featured on Local Business Singapore