laman

Jumat, 04 November 2016

Manusia sebagai makhluk Allah yang paling sempurna, harus menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya. Dan juga, harus selalu bersyukur kepada Allah  atas nikmat yang diberikan kepada kita. Sebab bila kita mensyukuri nikmat Allah, maka Allah akan menambah kenikmatan-Nya kepada kita.  Begitu sebaliknya bila kita tidak mau bersyukur,  maka kita akan menerima azab-Nya yang sangat pedih. Kemudian islam juga mengajarkan kepada kita untuk menyayangi dan mengasihi serta menghormati tanpa memandang bulu. Bahkan binatang pun kita tidak boleh menyakitinya, agar bisa terjalin kerukunan dan kedamaian hidup antara satu dengan yang lainnya.
Namun kenyataannya sekarang ini banyak kita jumpai generasi muda yang sudah tidak lagi menghormati sesama saudaranya, terutama kepada kedua orang tua. Mereka tidak mau menghormati, menyayangi dan mengasihi lagi. Apalagi bila orang tua itu tidak memiliki harta kekayaaan yang banyak, maka anaknya tidak lagi hormat dan bahkan menyia-nyiakan serta membangkang apa yang telah diperintahnya. Karena mereka merasa bahwa dia sudah bisa mencari uang sendiri, membeli pakaian dengan hasil sendiri  dan bisa  membeli sesuatu yang ia inginkan dengan hasil keringatnya sendiri tanpa harus  membutuhkan bantuan dari kedua orang tuanya. Oleh karena itu mereka tidak lagi menghormati orang tuanya, tidak mau diatur dan bahkan dia mengatur orang tuanya. Kadang-kadang mereka ada yang menajadikan kedua orang tuanya sebagai pembantu dan  ada yang  menitipkan kedua orang tuanya di panti jompo serta ada yang disuruh menjadi peminta-minta (pengemis ).Na’udzu billahi min dzalik.
Barangkali mereka telah lupa bahwa orang tuanyalah yang telah melahirkan ke dunia ini dengan taruhan nyawa, menyusui, menyuapinya, melindungi dari panas dingin dan mengasihinya dengan tulus ikhlas. Oleh karena itu, kita wajib membalasnya dan menyadari akan hal itu dengan cara menyayanginya, menghormatinya dan menyenangkan hatinya, mematuhinya serta merawatnya dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.
Hal yang bisa dilakukan manusia apabila orangtuanya sudah meninggal:
a.       Berdoa
b.      Memintakan ampunan kepada keduanya, yakni  ya Allah belas kasihanilah dan ampunilah kedua orang tua kami.
c.       Memenuhi janji mereka berdua. Setelah mereka tiada.
d.      Menyambung sanak familinya yang harus disambung lantaran mereka.

e.       Memuliakan dan menghormati kawan-kawan mereka berdua. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
ROHIS SMA NEGERI AJIBARANG - Blogger Templates, Wordpress Templates Free - by Templates para novo blogger HD TV Watch Entourage Online. Featured on Local Business Singapore