laman

Jumat, 04 November 2016

Rukun Islam

Rukun Islam

Rukun Islam adalah lima tindakan dasar dalam Islam, antara lain :

11.     Syahadat
Syahadat yaitu dua kalimat yang menunjukkan kesaksian seseorang bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT dan bersaksi bahwa nabi Muhammad SAW merupakan utusan Allah SWT.
أشهد أن لآ إله إلا اللَّه
Artinya : Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah
و أشهد أن محمدا ر سول اللَّه
Artinya : Dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul (utusan) Allah

22.    Sholat
Sholat yaitu aktivitas yang dilakukan oleh seorang muslim dan bertujuan untuk beribadah serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Islam mengajarkan umatnya untuk sholat karena sholat merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim dan hal yang pertama kali dihisab di akhirat kelak. Sholat ada dua macam yaitu, sholat wajib dan sholat sunah. Sholat wajib yaitu sholat yang harus dikerjakan oleh setiap muslim lima waktu dalam sehari, mulai dari sholat subuh, zuhur, ashar, maghrib, dan isya. Sedangkan sholat sunah yaitu sholat yang lebih baik dikerjakan tetapi jika tidak dikerjakan tidak akan mendapat dosa, seperti sholat dhuha, sholat tahajud, sholat tahiyatul masjid.

3.3.      Puasa
Puasa adalah keadaan di mana seseorang harus menahan lapar dan haus serta menahan hawa nafsunya sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Sama halnya dengan sholat, puasa pun ada yang wajib dan sunah. Puasa wajib dilakukan oleh setiap muslim pada bulan Ramadhan, sedangkan puasa sunah dilakukan pada hari-hari tertentu, seperti puasa senin kamis, puasa arafah, dan sebagainya.

4.4.      Zakat
Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh orang muslim untuk diberikan kepada orang yang behak menerimanya seperti fakir miskin. Zakat dibedakan menjadi dua yaitu, zakat fitrah, zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan berupa beras atau bahan-bahan pokok saat menjelang hari raya ‘idul fitri. Kemudian ada zakat maal, zakat maal adalah zakat yang dikeluarkan oleh seorang muslim yang berupa harta atau uang.

55.     Haji bagi yang mampu

Haji adalah berkunnjung ke Baitullah Mekkah untuk melakukan tawaf, sa’i, wukuf, dan amalan-amalan lain dalam waktu tertentu untuk mendapat keridhaan Allah SWT. Lain halnya dengan umrah, umrah bisa dilakukan sewaktu-waktu. Haji hukumnya wajib bagi setiap muslim yang mampu melaksanakannya dan wajibnya dilakukan sekali seumur hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
ROHIS SMA NEGERI AJIBARANG - Blogger Templates, Wordpress Templates Free - by Templates para novo blogger HD TV Watch Entourage Online. Featured on Local Business Singapore